SEKILAS INFO
: - Kamis, 03-12-2020
  • 9 bulan yang lalu / Al-Mahira: “Bacaan al-qur’an ananda adalah mahkota terindah untuk ayah dan bunda di surga”
  • 1 tahun yang lalu / Visi MUDIPATCA adalah Terwujudnya Generasi Islami yang Berkualitas
  • 1 tahun yang lalu / MUDIPATCA adalah sekolah Ramah Anak yang Berkepribadian Unggul baik dalam prestasi akademik maupun non akademik

Selasa, 10 Maret 2020
MUDIPATCA be Inspiring School

d3c9459d e5d5 42ae 89bb 2b859359cc21 300x225 Lingkungan dan Ekosistem Sekitar

Mereka sadar bahwa mereka adalah pelajar, tugas utama mereka untuk belajar. Belajar akan segala hal yang baru, tentang lingkungan sekitar. Karena lingkungan kita sebenarnya kaya akan informasi dan pengetahuan yang sangat luas.
Dengan berinteraksi secara langsung dengan lingkungan menjadikan anak didik jauh lebih faham.
Dalam kegiatan outing class kali ini dengan bertemakan Lingkungan dan Ekosistem Sekitar sengaja mengajak anak didik untuk mengetahui langsung keadaan lingkungan di pedesaan yang mayoritas masyarakatnya sebagai petani, tepatnya di lingkungan Desa Paseban Kecamatan Kencong.

Mereka mampu berinteraksi langsung dengan

2ab36d36 3d81 4f68 8079 cf8a7b9daf0d 300x225 Lingkungan dan Ekosistem Sekitarpetani, mengetahui proses bercocok tanam khususnya dalam menanam tanaman padi di sawah.
Antusias para anak didik sangat tampak jelas dalam senyum dan tawa lepas mereka. Terlihat anak-anak yang sudah mengerti tentang cara menanam padi sampai anak yang tidak tahu sama sekali bahkan baru pertama kali menginjakkan kakinya di sawah.
Berbagai macam ekspresi yang muncul dari para anak didik, dan tidak tampak sama sekali ada anak yang sedih, semua gembira. Ada pula yang berinteraksi dengan petani yang sedang bekerja disawah. Bertanya, “mengapa tanaman padi harus ditanam terpisah?”, ” mengapa harus menggunakan alat ukur dan tali?” dan┬álain sebagainya.
Serta menemukan biota yang hidup di ekosistem sawah. Inilah yang namanya belajar rasa bermain.

Rasa ingin tahu yang besar adalah cara yang paling baik dalam belajar. Ketika anak sudah ingin mengetahui sesuatu maka menjadi kewajiban pendidik mengarahkan rasa ingin tahu yang besar itu dan menyiapkan jawaban yang tepat dengan salah satunya membuat anak didik berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan sumber belajar.
Study, learning by doing
Mudipatca, we are Muhammadiyah Inspiring School.

TINGGALKAN KOMENTAR

Video Terbaru

Data Sekolah

MI MUHAMMADIYAH 04 CAKRU

NPSN : 60715608

Jalan Pantai Paseban Dusun Balekambang
KEC. Kencong
KAB. Jember
PROV. Jawa Timur
KODE POS 68167
TELEPON 081217942425
FAX -
EMAIL mimudipatca04@gmail.com

Maps Sekolah